First Time  

Diposting oleh dono_indarto

 Jualan/ berdagang bagi sebagian orang adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Padahal sebagian besar orang menjadi kaya raya karena berdagang. Coba liat, ada jutaan produk di sekitar kita. Produk yang kita beli dan membuat para pembuatnya  (produsen/ produser-nya) menjadi kaya raya. Beberapa diantaranya menjadi orang terkaya di dunia.

Gw gak pernah terpikir untuk berjualan. Walaupun secara gak sadar, saat ini gw adalah penjual naskah. Karena gw hidup dari pembayaran naskah yang gw tulis. Gw menjual jasa/ keahlian menulis.

Selain jasa (menulis dan mengajar), gak pernah sekalipun gw menjual produk (seinget gw ya? J)

Gw coba inget-inget silsilah keluarga gw. Apakah mereka adalah pedagang? Kakek gw adalah pegawai negri. Bokap juga pegawai negri. Tapi gw masih inget kalo Kakek dulu punya warung dan kegiatan itu dilanjutin sama Nenek. Sementara Bokap, pernah sesekali punya usaha disamping urusan pegawai negrinya. Berarti, mudah-mudahan gw punya juga jiwa dagang. Hope so…

Sudah beberapa lama gw dihinggapi rasa gundah. Entah kenapa, gw merasa ingin mencoba tantangan baru. Sempat gw berpikir, apa jangan-jangan gw udah bosen dengan pekerjaan menulis? Tapi gw akhirnya sadar, bukan karena itu. Menulis belum membuat gw bosen kok. Karena begitu banyak pencapain dalam karir menulis yang belum gw raih. Setelah mikir cukup lama, gw berkesimpulan bahwa kegelisahan gw adalah karena gw merasa bahwa hidup semakin sulit. Gw gak boleh terlena dengan comfort zone. Persaingan begitu ketat. Selain lahan menulis, gw harus mencoba kegiatan lain yang bisa ‘menghasilkan’.

Gw pernah berada dalam posisi mengerjakan sesuatu secara terpaksa, padahal gak suka. Sejak itu, gw ambil sikap…gw harus mengerjakan apa yang gw suka. Dengan begitu, gw jadi pantang mundur. Meskipun sulit, pasti akan gw terjang karena gw suka. Itulah yang terjadi pada awal karir menulis gw. Bahkan sampai sekarangpun, gw menjaga untuk tetap ‘menulis’ karena gw suka. Tanpa passion, segalanya bisa jadi nothing.

Industri kadang bikin jemu. Itu hal yang wajar. Saat jemu menulis untuk industri, gw masih bisa beralih nulis blog atau nyicil novel (gak tahu deh kelarnya kapan? Karena nulisnya ngemil sih J)

Dan sekarang, gw harus start buat ‘dagang’. Mencoba untuk melakukannya juga dengan ‘kesenangan’.

Ada begitu banyak ide di kepala gw yang belum terealisir buat ‘usaha’. Ada juga pengalaman buruk dalam bisnis. Tapi gw gak akan mundur. Gw harus mulai.

Teman gw bilang…dalam bisnis diperlukan ‘mental’ yang kuat. Lo siap gak?

Sebenarnya, gampang aja sih kalo gw bilang: SIAP.

Tapi masalahnya ternyata gak segampang itu. Gw bingung mau mulai darimana? Gw coba pikirin, apa sih yang gw suka…dan bisa dijadiin bisnis. Gw udah punya beberapa alternatif dan gw juga mulai nyusun rencana buat ngejalaninnya. Tapi kendala mulai muncul. Produk yang ingin gw buat, ternyata sedang over loaded. Gak bisa produksi sampai Lebaran usai. Terpaksa, gw harus nunggu.

Pada saat nunggu itu, gw inget ucapan temen gw. Lo yakin siap? Lo yakin punya mental kuat buat bisnis? Cobalah dari yang kecil dulu.

Pertanyaan itu berputar-putar di benak gw. Sanggup gak ya gw jualan? Gengsi gak ya? Pertanyaan itu mungkin sepele, tapi beneran penting loh…Gengsi gak ya? Hehehe…

Setiap tahun, Nyokab gw selalu bikin kue Lebaran buat keluarga. Menurut gw sih enak banget. Nah, iseng-iseng…sebelum puasa, gw minta Nyokab buat bikin kue Lebaran buat dijual. Nyokab sih seneng-seneng aja. Mulailah Nyokab bikin kue sampe bertoples-toples. Lumayan banyak. Sementara gw gak sadar, asyik kejar deadline kerjaan nulis. Sampai suatu saat Nyokab ingetin gw…”Jadi jualan gak sih? Kue Mama numpuk tuh!”

Ya ampun…Gw baru sadar. Duhhhh, gw hutang janji nih sama Nyokab. Gw gak tega bikin dia sedih karena kuenya numpuk gak terjual. Gimana nih?

Beberapa hari gw maju mundur mau jualin tuh kue. Kemana gw harus ngejual? Trus, pasti temen-temen gw nyela-nyela dan ngeledekin gw karena jualan kue?

Trus gw inget cerita bini gw…saat zaman dulu Om-nya yang masih kecil…harus jualan sebelum sekolah. Gw juga inget saat Kakek-Nenek gw jualan. Mereka gak gengsi. Toh, jualan itu salah satu cara mencari uang yang halal.

Gw akhirnya cuek. Peduli setan dengan pendapat orang. Gw langsung isi bagasi mobil gw dengan kue bikinan Nyokab. Hari pertama gw ke kantor, minta temen-temen kantor cicipin kue dan beli. Abis itu, gw BB’in temen SMA gw. Gw bahkan langsung janjian sama dia buat dia jajalin kue bikinan Nyokab. Hari pertama, lumayan…laku 9 toples J

Meskipun sebagian besar massage BB gw isinya celaan, tapi gw udah tanggung…maju terus, pantang mundur.

Gw bahkan minta bini gw nyebarin pesan BB jualan ke temen-temannya. Dan semua temennya langsung mikir yang enggak-enggak. Kok bini gw jualan kue? Atau ada temen bini gw yang tanya ke dia…Kok Mas Dono jualan kue? Ada lagi temen gw yang jahil bilang…”Don, elo kan udah tajir..masa Nyokab lo disuruh jualan kue?” Ada lagi yang bilang…”Bro, yang ada lo kirimin tuh kue sebagai parcel. Masa elo jualan sih?”

Gw pikir…ini malah jadi seru…Apapun komen mereka…itu tanda mereka deket sama gw…Becandaan mereka malah bikin gw makin semangat.

Ada juga beberapa temen gw yang supportive banget…Miller contohnya, langsung bilang..”Iye, ntar gw beli.” Dan beneran, dia beli 8 toples…walaupun dia Lebaran cuma sendirian…jarang tamu…wkwkwkw…

Mas Akbar (sutradara) juga begitu. Baru gw SMS…dia langsung telpon dan bilang: “Jangankan tuh kue buatan Nyokab lo…Buatan pembantu lo aja, pasti gw beli.” Wahhh, senangnya gw…apalagi Mas Akbar beneran beli 12 toples…Dasyat kan?

Membaca, mendengar dan melihat reaksi mereka. Gw cuma nyengir aja. Sambil terus merayu mereka buat beli J

Hari kedua, gw ke rumah temen penulis. Mas Aviv geleng-geleng kepala ngeliat gw jualan. Mbak Yuni, istrinya…langsung beli 6 toples…Lumayan…

Abis dari situ, gw langsung ke lokasi syut Melati untuk Marvel. Gw janjian sama Mas Akbar….Mas Akbar emang baek banget…dia bahkan promoin ke pemain yang lewat situ (Mbak Yulita Palar langsung beli 4 toples dan nulis massage di wall FB gw…”Don, kuenya uenakkkk.” Thx Mbak Yul…)…akibatnya laris-manis lah…Bini gw yang baru balik syut Manohara…langsung nyamperin ke Persari…Dia sampe sibuk ngelayanin pembeli di bagasi mobil gw. Yogi (sahabat gw/ co director) langsung sigap nolong jualan..nyiapin minum pembeli, bahkan plastik buat toples…Dasyat deh dukungan temen-temen gw…hahaha…

Bahkan ada orang lewat, trus penasaran gitu ngeliat keramaian…akhirnya nyobain dan ikut beli. Tuh orang ngenalin bini gw karena ternyata dia orang Pontianak. Gw perhatiin, bini gw semangat aja tuh…gak minder karena jualan kue…yang keuntungan-nya paling gak lebih dari 10 ribu…hehehe…Salut euy sama bini gw…Dia bener-bener tahan banting!

Ngeliat bini gw repot ngeladenin pembeli, gw sama Mas Akbar cengengesan. Gw bilang gini…”Liat tuh Mas, biar istriku belajar jualan…ngebantuin suaminya.” Mas Akbar senyum, “Bagus itu…biar kalian saling dukung terus.”

Habis dari lokasi Melati untuk Marvel, gw langsung lanjut ke lokasi Terlanjur Cinta. Di lokasi ini, Bang Ai (sutradara TC), Eno dan Kia juga langsung ngeborong kue…sampai tandas…

Jualan hari kedua itu, laku 43 toples.

Gw seneng. Bukan karena keuntungan yang gw dapat dari jualan. Karena sebenarnya, gw gak untung apa-apa. Seluruh uang kan memang langsung dikasihin ke Nyokab. Lagian, kalaupun untung…mungkin gak sebanding dengan pengalaman yang gw dapat. Pengalaman ini jauh lebih berharga…betapa gw merasa…bahwa ternyata gw sanggup menghadapi ‘tantangan baru’. Gw seneng, melihat Nyokab gw bahagia karena dagangannya sold out dalam 2 hari saja.

Setelah tantangan ini, ada begitu banyak tantangan lain yang siap gw jajal. Berbagai rencana bisnis di kepala harus gw mulai. Karir nulis juga harus gw pikirin dengan lebih matang. Gw juga mau mulai serius mikirin musik bareng Bayu dan Fikri. Mudah-mudahan semuanya bisa terlaksana. Gak akan mudah. Tapi jika ‘happy’…mudahan-mudahan semuanya jadi lebih mudah.

 

 

 

This entry was posted on 01.31 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar