Perhiasan Dunia  

Diposting oleh dono_indarto


Ibu Lis dalam ceritanya pernah bilang..."Mas Dono, anak itu adalah perhiasan dunia."
Kemudian gw mendengarkan cerita panjang...dalam hidupnya yang penuh asam garam...Beliau adalah Ibu dari Iwan Fals...dan gw udah menganggap beliau kyak Nyokab gw sendiri (walau gw gak pernah ketemu Iwan Fals loh...gw kenal Ibu Lis karena kegiatan Panti Asuhannya aja...)

Beliau pernah kehilangan anak (anaknya ada yang udah meninggal/ kakaknya Iwan Fals)...pernah juga kehilangan cucu (ingat Galang Rambu anak Iwan Fals?)...

Setegar apapun seorang Ibu...kehilangan anak/cucu..adalah kehilangan yang teramat sangat...dan beliau menceritakan semuanya...betapa hidupnya terasa begitu berat dengan kehilangan tersebut...

Sampai akhirnya...dari berbagai peristiwa menyakitkan itu...beliau belajar banyak mengenai kehidupan...yang coba dituturkannya ke gw...

Beliau sempat terpuruk dalam kesedihan...sampai akhirnya tersadar...bahwa anak adalah perhiasan dunia...yang bisa membuat kita senang...bisa membuat kita bangga...sampai kadang kita lupa...bahwa perhiasan dunia itu adalah harta titipan Allah...yang tidak bisa dimiliki oleh kita seutuhnya...sehingga rela kehilangan...adalah bagian dari konsekuensi menerima titipan tersebut...

Ibu Lis bisa bangkit...setelah merelakan kehilangan tersebut...dengan kesadaran bahwa Allah adalah pemilik segala...Allah lah yang paling berhak atas segalanya...

Selama ini, gw salut dan kagum sama Ibu Lis...dan bertambah kagum saat gw punya anak...ketika gw mengalami sendiri, gimana rasanya memiliki perhiasan dunia itu...

Saat tiap pagi istri gw membawanya ke ranjang...celotehannya yang belum jelas...membangunkan gw...

Saat gw main sama dia...ngajak dia ngomong...gendong...ketawa-ketawa nge-godain dia...

Saat setiap malam gw ngeliatin dia tertidur pulas...dengan wajahnya yang polos...lelap dalam mimpi...

Semua itu adalah surga...

Gw takut ketika menyadari bahwa anak adalah perhiasan dunia...yang hanya harta titipan...

atau seperti Khalil Gibran bilang...anak adalah ibarat anak panah...yang melesat dan menentukan hidupnya sendiri...

liat aja kasus anak-orang tua yang berseteru...dimana anak berani berkonflik sama orang tua...karena merasa sudah sukses, sudah pinter...tanpa berpikir, bahwa orang tuanya berjuang mati-matian demi sang anak...

Gw ngeri ngebayangin itu semua...

Tapi gw sadar bahwa nasehat Ibu Lis adalah hal yang benar adanya...

Gw cuma bisa berdoa...agar Allah memberikan gw-anak-istri-keluarga...umur yang panjang...agar kami bisa lebih lama merasakan kebahagian ini...

Agar gw bisa melihat anak gw tumbuh..menjaganya...mendidiknya dengan baik...sehingga bisa menjadi anak yang seperti selalu gw panjatkan dalam doa sesudah sholat...

Semoga titipan harta ini...bisa gw jaga...

Gw bersyukur dengan hidup ini...karena disaat sulit...Allah telah memberikan obat buat gw...yaitu: Princess Callysta Azalia...Putri cantik yang dilindungi...

Disaat hidup tak kompromi...gw masih bisa senyum melihat tingkah lucu Callysta...

Smoga anak-ku selalu dilindungi Allah...Amin

This entry was posted on 00.15 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

1 komentar

Anonim  

Hi Don!! Duh seneng liat fotomu dan anakmu!! Good luck untuk karir nulis ya.. Aku di bali ubud sejak tahun lalau!! Salam buat keluarga... Dari siska