OK lah kalau begitu  

Diposting oleh dono_indarto

Seorang teman di FB mengirimkan message…bercerita bahwa banyak orang yang membantai gw di suatu forum di internet. Gw sering banget denger hal tersebut, tapi gw sama sekali gak berniat untuk mencari tahu lebih lanjut soal forum itu.

Beberapa temen gw pernah panas karena merasa nama gw dicemarkan…Adek gw juga panas saat membaca gonjang-ganjing perihal gw…Orang-orang itu menulis hal-hal buruk soal gw sebagai penulis…

Temen-temen dan Adek gw yang nyolot…langsung maju dan membela gw…menulis pembelaan terhadap gw…sementara gw cuma sempat membaca sekilas…lalu menulis opini gw sebagai balasan…kemudian gw coba lupain…Gw gak terbakar emosi…bagi gw, ya mau diapain lagi…mungkin sudah konsekuensinya seperti ini…

Bahkan istri gw sendiri pernah membaca opini negatif soal gw…

Dulu saat gw masih PDKT…dia google nama gw…dan langsung tersaji komen2 pedas itu…

Untung dia akhirnya mengenal gw…lebih dalam ketimbang orang-orang itu…dan dia memilih untuk hidup bersama gw…hehehe…

Itulah kenapa gw gak terlalu terbakar…

Dulu gw pernah berada dalam posisi sebagai penonton…yang saat itu tertarik ingin menjadi penulis skenario…Gw memperhatikan karya-karya para penulis skenario senior…yang namanya wara-wiri di TV…Gw juga pernah mendengar gosip buruk soal mereka…kebiasaan2 ajaib soal mereka…Tapi itu sama sekali gak bikin gw punya image buruk soal mereka…malah gw pikir, mereka ibarat Dewa yang berada di awang-awang…tak tersentuh..justru berbagai rumor itu malah membuat mereka semakin tak tersentuh…semakin melambung tinggi…

Gw gak merasa berada di tempat para penulis senior itu…bagi gw sampai sekarang, mereka tetap Dewa…

Jika sekarang gw juga merasakan dihujat sana sini… dianggap karyanya gak bermutu…jiplakan…copy paste dari karya sebelumnya, dll…

Apa ini berarti gw sudah berada di posisi mereka?

Hahaha…Enggak lah…

Gw sadar banget…gw gak mungkin bisa membahagiakan dan memuaskan semua orang…

Siapalah gw? Apa gw harus selalu siap sedia untuk menuruti apapun mau mereka?

Jangan dipikir gw gak pernah baca massage di inbox FB…Gw baca kok…Gw perhatiin, bahkan dalam forum rapat sering kok gw bahas sama tim kreatif…untuk diolah…tapi kan kadang ide tersebut ditolak sama Bos…

Apa kemudian mereka merasa berhak untuk menteror gw? Dengan makian di forum…di FB…bahkan melalui SMS ke HP gw?

Mereka memaki gw karena gak di approve di FB yang lantas menjadi dendam pribadi…atau karena ternyata tokoh yang mereka cintai dimatikan…atau ide cerita mereka sama sekali gak bisa dipakai…

Sehingga akhirnya gw menjadi ‘musuh’ mereka…

Mereka gak sadar bahwa cerita di sinetron itu adalah kerja kolektif banyak orang…Seorang penulis skenario bukanlah penentu segalanya…Seorang penulis novel bisa menjadi penentu hidup karakter dan alur di dalam ceritanya…

Tapi penulis Skenario tidak bisa…karena sekali lagi…kerja skenario adalah kerja kolektif…ada campur tangan banyak pihak di dalamnya…ada sutradara, produser bahkan Stasiun TV…

Sekali lagi, mungkin sudah menjadi takdir bagi penulis untuk menjadi sasaran makian para penonton ketika cerita yang tersaji di layar ternyata tidak sesuai dengan keinginan penonton…Padahal ada jutaan penonton diluar sana…Apa gw sebagai manusia yang terbatas ini sanggup mendengar semuanya?

Mau tau gimana rasanya diteror oleh penonton?

Sebagai ilustrasi aja…bahwa sebelum peristiwa ini, gw gak sadar seberapa besar pengaruh TV…

Gw pernah iseng memasukan no. HP gw dalam adegan di Sinetron Cinderella…saat itu di Skenario tertera no. HP gw yang gw tulis sebagai no. HP Cinta Laura…

Saat tayangan itu muncul…dalam 10 detik saja…langsung HP gw berdering tanpa henti…sepanjang hari…sepanjang malam…bahkan karena gw capek ngasih tahu bahwa no. itu bukan no. Cinta Laura…akhirnya gw silent…

Pagi2 nya gw check…dan lo tau, berapa miss called yang gw terima…ada RIBUAN!

Gilaaaaaaaa…

Mereka bahkan SMS dan memaki2 Cinta Laura yang dianggap sombong…belagu…murahan dll…padahal udah gw kasih tahu kalo itu bukan no. Cinta Laura…

Sehari kemudian, gw langsung tuker no. HP…Gak sanggup meladeni kegilaan itu…

Gw bukannya mau membela diri…

Jika gw dianggap plagiat…Silahkan kalian liat karya penulis lain…Apakah benar2 orisinal seperti apa yang kalian pikir? Kalau kalian pikir karya2 itu benar-benar orisinal…berarti wawasan tontonan kalian harus ditambah dengan referensi film/ serial Korea, Telenovela bahkan film India (tentunya termasuk juga film Hollywood)…karena sesungguhnya ada banyak pengaruh yang merasuki suatu karya…

Bahkan seorang Joe Satriani pernah ngedumel karena menganggap Coldplay menjiplak part karyanya…

Apa mungkin saat ini ada karya yang terbebas dari karya pendahulunya?

Gak usah munafik…Saat kalian menyusun skripsi atau thesis…banyak yang membuka skripsi almamater…entah dari kampus sendiri atau dari kampus lain…kalian tambahkan 1-2 variable baru…and Voila…tersajilah satu karya baru yang tidak bisa dianggap sebagai jiplakan…karena ada peluang penelitian yang belum dikaji oleh karya sebelumnya…

Mohon maaf…jika sebagai manusia…gw gak bisa sering-sering beramah tamah…

Bener deh, bukan karena gw songong…

Tapi kadang gw merasa perlu ada ruang buat diri sendiri…karena lelah juga jika setiap saat harus dimaki…membaca kritikan pedas…

Bukankah gw malah akan hancur lebur jika dikikis oleh pendapat negatif…

Seorang anak yang setiap hari dihujani cemoohan…cibiran..hinaan…maka ada kemungkinan besar anak tersebut akan tumbuh menjadi looser…pemalu…penyendiri…

Maka, ijinkan gw untuk menyirami diri gw sendiri dengan semangat…dengan opini positif…

Bukan lantas gw meminta dipuji atau dibela…

Gak, sama sekali gak begitu…

Gw cuma memohon…untuk dimengerti…karena gw hanya seorang manusia…sama seperti kalian…

Sebagai manusia…gw bisa punya musuh…dan jangan tanya musuh gw soal siapa gw…karena dia akan jawab yang terburuk perihal gw…

Sebagai manusia…gw juga punya sahabat dan keluarga…yang mulutnya akan berbusa memuji betapa hebatnya gw…karena mereka sayang sama gw…

Toh, sekali lagi…manusia berada dalam wilayah abu2…grey area…tak ada manusia yang jahat sekali…tak ada juga yang sebaik malaikat…karena manusia sebenarnya tak pernah muncul dalam karakter sinetron yang gw buat…atau yang kalian tonton…karena di sinetron hanya ada iblis atau malaikat…sementara di kehidupan nyata…kita adalah manusia yang mudah kasihan…gampang menangis, terharu dan jatuh iba…namun sekaligus gampang juga menghujat…memaki dan ingin menghancurkan…

Are We Human? Or are We Dancer? (My Fave Song from The Killers)

This entry was posted on 23.10 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

1 komentar

hahahhaha .. jadi ga enak hati mas bacanya , karna saya juga salah satu diantar mereka ... komentator , sebenernya sinetron itu kadang bahkan selalu membawa emosi yg menonton .. commnt celaan atau cacian itu sebenernya adalah tanda cinta kita , tanda kepedulian kita terhadap karya yang Mas Dono buat .
Sebagai penonton seyia suatu sinetron tentunya kita ingin cerita tersebut selalu oke, supaya ga cepat abis .. hihi

mengenai plagiat ,, or jiplakan , kalo buat saya pribadi sih ga masalah ,toh dr contekan2 itu bisa dikembangkan lagi ceritanya

Jangan pernah patah semangat mas .. sekali mas mersakan itu , karya2 yang sedang mas dono buat gaakan bagus hasilnya .. so so aja