Di Radio  

Diposting oleh dono_indarto


Penerbit Ufuk mengeluarkan seri Biografi yang selama ini gw cari…
Beberapa waktu lalu gw nemuin Biografi Richard Branson, pengusaha kelas dunia yang sangat gw kagumi…

Menurut gw Sir Richard Branson ini adalah sosok seniman di lahan konglomerasi dunia…dengan gairah dan pikirannya yang selalu ‘out of box’…dia selalu berani bikin gebrakan…

Dan yang terakhir gw temuin dari Biografi terbitan Ufuk adalah…LARRY KING

Sosok yang satu ini juga idola gw…
Dulu banget gw baca buku Seni Bicara Larry King…

Buku ini dulu membuat gw getol mau jadi penyiar…dan akhirnya gw beneran jadi penyiar…

Awalnya gw siaran di MS TRI FM…disitulah gw belajar banyak soal radio…gimana siaran, menyiapkan bahan siaran, olah vokal siaran, dll…

Di tempat itu, gw siaran dalam banyak program…dari request lagu…siaran politik di pagi hari…sampai membawakan program yang disponsori LSM Yayasan AIDS Indonesia…

Gw ngerasain banyak pengalaman di tempat tersebut…

Gw pernah dimaki-maki narasumber di tengah-tengah acara…(sampai sekarang, gw masih inget gimana tuh orang sok kepinteran…sementara gw keluar keringat dingin dimaki-maki nih orang…betapa malunya gw, sementara gw bayangin orang-orang lagi dengerin gw….kalo aja gw inget Larry King bilang di bukunya…bahwa dia menempatkan dirinya sebagai pendengar yang awam…bodoh…pasti gw gak setegang itu…gw tinggal bilang: “Biasa aja dong, Pak…kan saya mewakili pendengar saya yang awam…lagipula Bapak dihadirkan disini kan sebagai sumber keingintahuan kita…”)

Dari radio pertama gw kerja ini juga…gw jadi punya pengalaman ngebawain acara of air…jadi MC di acara-acara Yayasan AIDS Indonesia…dan mereka sering banget buat acara seperti itu…sehingga gw lama2 terbiasa…dan berani ngadepin audience…

Karena itu pula…gw pernah ikut lomba membawakan acara SCTV…gw lupa tahun berapa…yang jelas gw masuk babak final…walaupun gak menang, hehehe…

Partner siaran malam gw…Rendra Sudjono sekarang udah eksis sebagai pembawa acara olahraga di TV…dulu dia siaran di SCTV, sekarang kayaknya pindah ke ANTV…dulunya dia tuh siaran lagu-lagu memori sama gw…nama acaranya DR Memos…singkatan Dono Rendra Memory Song…sebenarnya yang ngasih nama ya kita sendiri…karena nih acara gak ada produsernya…jadi kita yang nyiapin list lagu…konsep acara, dll…Kita berdua menikmati siaran ini…tapi sayangnya acara ini ditutup sama Si Bos…mungkin mereka begah ngeliat 2 anak ini seenak udelnya siaran tengah malam…hehehe…

Dari MS TRI, gw kemudian pindah ke Kantor Berita Radio 68 H…selain siaran, disini gw juga jadi reporter seni budaya…gw datang ke ajang-ajang seni di seputar Jakarta…kemana-mana gw bawa alat gede buat ngerekam…gw ke konser2 musik…dari jazz, pop, kontemporer…gw juga nonton pagelaran tari…film2 art, trus ke pameran2 seni, dll…pokoknya ini pengalaman sangat berharga buat gw…membuka wawasan gw atas seni…

Selepas dari Kantor Berita 68 H…gw sempat kerja di TRIJAYA…cuma sebentar banget…trus gw pindah ke Radio Ramako…disitu selain siaran, gw sempat jadi asisten music director…

Rasanya, selain film..musik memang gak pernah bisa lepas dalam hidup gw…dan radio adalah bagian dari perjalanan hidup yang sangat berharga buat gw…

Setiap nonton film…gw akan sangat tertarik kalo tokohnya adalah penulis…atau ceritanya seputar Radio…pokoknya gw cinta mati sama profesi tersebut…

Udah nonton film: The Boat that Rocked?…film ini keren, salah satu pemainnya Philip Seymour Hoffman (aktor dasyat yang pernah dapat Oscar nih)…ceritanya soal radio gelap yang siaran dari kapal pesiar…pendengarnya jutaan orang Inggris…para penyiarnya jadi seperti rock star yang punya banyak groupist…

Siaran mereka yang nyeleneh dan gokil…membuat pemerintah Inggris khawatir…sehingga mencari cara untuk menutup radio tersebut…

Radio bener-bener memberi banyak pengaruh buat gw…

Gw inget, betapa waktu SMP/ SMA gw selalu denger radio Prambors…Gw bahkan bermimpi untuk suatu saat menjadi penyiarnya…Gw pernah mewawancara Ida Arimurti buat majalah sekolah…saat itu Ida adalah penyiar no.1 dengan acara paginya bareng Krisna Purwana…

Membaca buku Master Mic-nya LARRY KING membuat gw teringat akan bagaimana rasanya hidup sebagai penyiar…yang sering bikin gw kangen kepingin siaran lagi…

Mungkin sekarang, gw belum bisa balik siaran lagi…tapi gw punya mimpi baru…suatu saat kalo gw punya duit banyak…gw akan bikin Stasiun Radio…karena Radio adalah salah satu hal yang gw sukai…yang membayangkannya membuat gw bergairah…hahaha…

Makanya waktu Fikri bilang kalo istrinya punya radio di Semarang…gw langsung semangat…kita harus kesana Bro…bawa demo musik band kita buat kita perdengarkan disana…

Itu berarti..harus buru2 bikin demo dong…
berarti masih ada kerjaan yang belum terselesaikan…yaitu: latihan giat dan bikin aransemen…yang sekarang ini jelas masih kacau balau…

Tunggu aja…kita akan menyerang kalian melalui radio…dengan lagu-lagu kita…Maut euyyyy…

This entry was posted on 01.52 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar