Bom di bumi Khaled Hosseini  

Diposting oleh dono_indarto

Beberapa hari terakhir, gw terpukau sama 2 novelnya Khaled Hosseini.

Telat banget yakkk?

Sebenernya udah lama Nita rekomen novel2 itu ke gw. Tapi saat itu, gw lagi males baca fiksi. Gw lebih getol baca buku bisnis, self motivation...

Sampai suatu saat, gw kok ngerasa kepingin nulis novel lagi. Udah lama banget gw gak nulis novel. Kepingin berekreasi imaji...bersenang-senang dan merayakan kebebasan berkhayal. Apalagi gw punya banyak banget stock sinopsis dan ide. Salah satunya pasti bakal seru kalo dijadiin novel.

Maka buat mancing mood, gw-pun  mulai baca novel lagi. Dan secara acak, gw milih KITE RUNNER-nya Khaled Hosseini. 

Gw sempet nonton filmnya dari DVD bajakan. Menurut gw, film yg digarap Marc Foster ini biasa...jika dibandingin sama The Reader yang juga diangkat dari novel...jelas jauhhhh...kerenan The Reader.

Makanya, pas baca gw memulainya tanpa espektasi apapun. 

Gw mulai menelan kata halaman per-halaman. Dan baru beberapa halaman yang lumat...gw sudah terhanyut. Dasyattttt...deskripsi-nya membuat gw seolah berada di tempat-tempat itu. Dialognya...EDANNNN!!! Plot novel-nya...kerennnnn...Jempol dah.

Gw gak ngebayangin..seorang dokter macam Khaled, yang baru pertama kali nulis novel...bisa bikin karya se-keren itu. Bikin gw minder euyyyy...

Novel ini laku 8 juta eksemplar...Wuihhhh, kebayang deh royaltinya seberapa banyak...hehehe...

Kite Runner membuat gw menyadari arti pengorbanan dari seseorang di dekat kita...yang tak pernah dianggap...yang ternyata bernilai besar dalam hidup kita. 

A Thousand Splendid Suns membuat gw miris dengan penderitaan dua wanita...yang saling bela...yang berjibaku dalam nasib dan kondisi yang menekan...

Gw menyelesaikan kedua novel itu dengan kepedihan...merasa seperti ditinggalkan orang-orang yang gw cintai...seperti nasib para tokoh di novel tersebut...

Seting kedua novel itu adalah Afganistan...walaupun di Kite Runner, Sang Tokoh akhirnya hijrah ke Amrik...

Dalam deskripsi Khaled..Afganistan adalah dunia tanpa harapan...di setiap sudut jalannya adalah ancaman...seseorang bisa terkena ranjau darat kapan saja..terkena rudal kapan saja..darah berceceran, isi perut berhamburan...kaki yang terlepas dari tubuh...anak-anak yang kehilangan orang tua..Orang tua yang menjerit karena menyaksikan anak-anaknya meninggal. Sungguh...itu adalah neraka.

Malam itu...rasanya masih sesak..membayangkan imaji berkelana di bumi Afgan.

Dan pagi harinya...gw tersentak...

Gw masih tidur, tiba-tiba HP gw bunyi...diseberang sana istri bilang, "Sayang..nonton Metro...Ritz Carlton di bom."

Boooommmm...Gw langsung terjaga. Gw arahkan remote ke TV dan menyaksikan bencana itu.

Astaga...Baru semalam gw menyelesaikan novel Khaled Hosseini sambil berharap semua kejadian di novel itu...tidak akan pernah terjadi di hadapan gw. Tapi sekarang? Bom itu...Bom itu meluluhlantakan harapan...

Seorang anak kehilangan ayah...Seorang bocah kehilangan Ibu...Kakak..sepupu...saudara...sahabat...

Seseorang lain harus kehilangan anggota tubuhnya...Gw ngebayangin betapa mereka akan menjerit...tak terima akan harapannya yang hilang...Akankah mereka masih bisa bekerja? Akankah pacar/ pasangan mereka akan tetap setia dengan keadaan mereka sekarang?

Gw sedih...pikiran gw seperti berkelana dalam cerita-cerita yang mungkin akan muncul...nyata...dalam hidup mereka...

Gw mengucek-ngucek mata...berharap semua ini hanya mimpi...bahwa gw masih terpengaruh pada cerita Khaled...akan bumi Afganistan...

Sampai akhirnya...gw akhirnya tersadar, bahwa semua itu nyata terjadi...Dan orang-orang tak memiliki hati itu benar-benar ada...mengincar nyawa...entah nyawa siapa? Menguburkan mimpi perdamaian...Menghancurkan mimpi seseorang...


This entry was posted on 22.23 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar