CINTA MATI  

Diposting oleh dono_indarto

Beberapa waktu lalu gw dapet undangan seorang temen yang mau nikah di Bandung...calon suami temen ini, gitaris grup band nge-top banget...wajar kalo persiapan pernikahan mereka sering wara-wiri di infotainment.


Dulu temen kita ini sering hang out bareng...dia sahabatan sama istri gw...jadi sesekali kita makan bareng...atau karaoke rame-rame...seru pastinya...tapi, sebentar lagi...semuanya pasti berubah...pernikahan merubah kita...dan itu juga yang terjadi sama gw-istri...So...married is a new life...everyone start from zero...married could be a prison or a heaven...

Dulu, gw berpikir...pernikahan membuat temen2 gw berubah...yang dulu kemana2 bareng...pas nikah langsung lenyap seketika...

Dulu gw gak pernah paham, kenapa orang yang udah married...menurut gw jadi berubah gak asyik...gak bisa diajak hang out lagi...gak bisa diajak seneng-seneng lagi...pulang kerja langsung balik...kalo-pun lagi asyik hang out...org yang udah married bakal kelihatan gelisah banget...kepinginnya buru2 balik terus...wahhh, pokoknya nyebelin deh...

Kalo kita gak pernah ngalamin...memang gak akan pernah paham...

Dan setelah nikah, gw baru deh paham...

Memang secara naluri, orang yang udah nikah tuh beda banget...

Dari prinsip hidup...pandangan...sampai pola hidup...langsung berubah...

Kalo dulu, apa2...ya suka-suka gw...sekarang...apapun harus mempertimbangkan pasangan...

Mau sok cuek dan egois...bakal runyam urusannya...yang ada bakal berantem terus...akhirnya, secara naluri...kita akan berubah...dari pribadi egois...berangsur-angsur mencoba untuk ber-toleransi...

Pernikahan memberikan banyak pelajaran...bagaimana bertanggung jawab...bagaimana bertoleransi...bagaimana menghitung masa depan...

Kalo dulu waktu masih bujang, kalo punya duit...ya bisa beli apapun yang kita suka. Nah, kalo udah married...pikiran harus panjanggggg banget...duit yang didapat...setidaknya harus ditabung...buat berjaga-jaga di hari depan...Pola pikir yang semula konsumtif...berangsur-angsur mencoba untuk memulai memikirkan asset...investasi...asuransi...menabung...punya pasif income, dll...

Pernikahan adalah bagian dari siklus kehidupan...yang ternyata memang jenjang perubahan pribadi seseorang...

Jadi aneh juga kalo ternyata pernikahan sama sekali tidak merubah seseorang...Mungkin itu sebabnya banyak terjadi perceraian...karena seseorang menolak berubah? Bisa jadi...

Bukannya sok tahu...tapi kalo dalam pernikahan...kita mencoba untuk saling menunjukkan siapa yang kuat dan paling berpengaruh...yang ada kita akan gontok-gontokan terusssss...gak akan berakhir...

Mungkin proses wajarnya adalah...membiarkan kita saling memberi pengaruh pada pasangan...tentunya dalam hal yang positif...

Karena jika pasangan kita memberikan pengaruh negatif...tentunya salah satu dari kita akan melakukan penolakan...

Semoga apa yang terjadi...apa yang tertulis ini membuat temen2 gw jadi paham...kenapa susah banget bagi gw-istri...ngumpul sama kalian akhir2 ini...

Sungguh, bukan karena kita menjauh dari kalian...tapi lebih kepada kondisi yang membuat waktu kita jadi gak bisa klop...(faktor umur nih kayaknya...kalo pulang malam, kena angin malam...gampang masuk angin...hehehe...kemaleman sedikit, udah capek, ngantuk...maunya cepet pulang...atau mau jalan tanpa bini...pas hang out kok ingetnya sama bini terus...jadinya mau cepet-cepet pulang...Ohhhh, akhirnya gw ngalamin juga...dalam posisi ini...sorry guys, klo mnurut kalian...gw-bini gw jadi gak asyik lagi...hehehe...)

Siklus hidup ini akan terus berjalan...dan waktu gw-bini mungkin akan semakin tersita dalam lingkup pernikahan...apalagi jika nanti kita udah punya anak...wahhhh, perhatian istriku pasti tersita almost 100% ke anak...dan gw rela mengalah...apalagi, temen2 yak? Pasti semakin jarang deh ketemu kalian...Hehehe...

But anyway...life goes on...Apa yang terjadi ini...bukan berarti sahabat-sahabat gak ada artinya buat kita...U always mean a lot to us...

Kita bisa married aja karena jasa sahabat-sahabat...Gw inget, gimana dulu nembak istri di depan sahabat-sahabat...karena dipaksa mereka...hahaha...

Gw nulis ini...cuma buat ngasih gambaran aja...soal pernikahan...soal persahabatan...soal perubahan seseorang akibat pernikahan...

Gak sabar, gw kepingin ngeliat semua temen-temen kita..cepet2 nikah...pasti ajaib loh...hehehe...

Seperti waktu istri gw ngumpul sama sahabat-sahabatnya...dulu dia, Ei Stockhorst dan Nana Mirdad sahabatan waktu masih pada single...trus pas ngumpul...Ei-Rionaldo Stockhors, Nana Mirdad-Andrew White...mereka udah punya momongan...cuma gw-Zora yang belum...terus kita berkhayal...kapan bisa nyusul mereka...cepet-cepet punya anak...(doain yakkkk)

Rasanya...kepingin bisa cepet2 sampai dalam moment tersebut...dimana gw-istri bisa ngumpul sama temen2...sambil bawa anak2 kita...So sweet moment...

Masih ada perjalanan yang harus dilalui...setidaknya, kita bersyukur telah melewati beberapa tahapan dalam hidup...berusaha menjalaninya dengan sebaik yang kita bisa...

Gw nulis ini sambil denger Mulan nyanyi CINTA MATI bareng THE VIRGIN di acara TV..

CINTA MATI
HARUS DIJAGA SAMPAI MATI
JANGAN SAMPAI KE LAIN HATI
NANTINYA BISA PATAH HATI
HATI-HATI MENJAGA HATI

Entah, nyambung atau enggak dengan tema tulisan gw...yang jelas...jalanin aja sob...apa yang lo mau..met menjalani hidup baru buat temen2 yang niat mau married...

This entry was posted on 23.54 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

1 komentar

tull mas dono, aku jg ngerasain tuh apalagi aku n rio marriednya masih terlalu muda,awalnya masi egois untuk ngalahin kumpul ma temen2 ketimbang drumah, tp alhamdulillah dengan berjalannya waktu dan ada anak2 semua bisa terlewati malahan skrg klau klamaan ada dluar rumah suka feeling quilty