3 Cerpen  

Diposting oleh dono_indarto

Gw memulai karir penulisan gw dari menulis Skenario…Agak aneh menurut sebagian orang…karena biasanya orang mulai dari cerpen…lalu nulis novel…baru ke penulisan Skenario…Tapi ya, memang itu yang terjadi sama gw…Gw nulis Skenario dulu baru mulai nulis cerpen dan novel…

Yang lebih absurd lagi…Seumur karir penulisan yang udah gw jalanin…gw baru tiga kali menulis cerpen…

1 kali pas masih SD…gw inget nulisnya di kertas folio garis-garis…pake tulisan tangan…bercerita soal persahabatan…yaitu: seorang anak yang bersahabat dengan teman semejanya…namun, suatu kali temannya itu gak pernah datang lagi…bangkunya kosong…cerita detailnya sudah lupa…tapi yang jelas, ceritanya sedih gitu…gw aja waktu nulisnya ikut tersedu-sedu…(alaaaaahhhh, lebay…)

Tuh cerpen dikirim ke majalah anak-anak…dan gak ada kabarnya sampai sekarang…pasti ditolak sih…secara tulisan tangan…dan masih kacrut pula…tapi gak apa…itu tonggak pertama gw jadi penulis…

Yang kedua adalah saat gw ikut FLP (Forum Lingkar Pena, organisasi penulis dengan anggota terbanyak di Indonesia…Anggotanya sampai ke Hongkong loh)..lokasi ngumpulnya di TIM…Disitu gw kenalan sama seorang redaktur fiksi ANNIDA…trus gw bikin 1 cerpen soal hubungan nenek dan cucunya…ceritanya adalah seorang anak yang bermimpi menjadi penulis ngetop…Dia selalu menceritakan impiannya tersebut kepada neneknya…gak ada seorangpun yang percaya impian anak itu kecuali neneknya…tapi ketika dia udah jadi penulis sukses…neneknya meninggal tanpa sempat membaca atau melihat keberhasilan cucunya. Sang anak lalu membacakan cerpen itu dipusara kuburan neneknya…Wuiihhhhhh…Cerpen itu dimuat di ANNIDA…entah karena keren…atau karena redaktur fiksinya gw kenal? Hehehe…

Sebenernya cerita itu diilhami kehidupan gw yang sebenarnya…Gw adalah cucu kesayangan nenek…Suatu ketika, nenek sakit parah…Nenek dirawat di Rumah Sakit yang menurut gw gak layak banget…karena nenek gw bayar pake ASKES (Kakek gw kan pegawai negeri, jadi dapet ASKES-Asuransi Kesehatan yang plafondnya minim sekali…beginilah potret suram pelayanan kesehatan di negri ini…yang gak mampu bayar akan mendapatkan pelayanan memperihatinkan)…Gw sedih melihat keadaan itu…tapi gw bisa apa? Saat itu gw gak punya duit…

Gw abis ngajar kursus private saat dikasih tau kalo gw harus buru-buru ke Rumah Sakit…Gw lari tunggang langgang ke Rumah Sakit itu…Gw panik, sedih dan merasa tak berdaya melihat Nenek gw udah sekarat…Gw ngaji sama keluarga yang lain…dan gak lama kemudian, nenek gw meninggal…Kata orang-orang, Nenek meninggal nungguin kedatangan gw…karena gw cucu kesayangannya…jadi pas gw datang, Nenek menghembuskan nafas terakhirnya…

Sampai sekarang, gw masih suka sedih kalo inget cerita itu…Andai aja Nenek gw masih hidup, pasti dia akan gw bahagia’in dengan polll…

Cerpen ketiga gw buat sekitar minggu lalu..Mbak Vivid yang pemred Majalah Remaja Aneka minta gw nulis cerpen buat sisipan bonus Aneka edisi akhir tahun…Gw langsung setuju…

Gw nulis semaleman…dan langsung kirim…

Besoknya Mbak Vivid kirim SMS…katanya suka sama cerita gw…Gw lega, Alhamdulilah…ternyata gw masih bisa juga bikin cerpen…

Kalo lo penasaran, cerpen ketiga ini berkisah soal apa? Silahkan beli majalah ANEKA edisi akhir tahun ya…

Yang jelas, ceritanya romantis dan mengharu biru…

Kayaknya, gw punya kecenderungan nulis dengan ending tragis deh…mungkin secara gak sengaja gw jadi kepengaruh sama Nicholas Sparks…salah satu novelis yang gw kagumin…Karya2-nya Sparks kan sebagian besar ber-ending tragis…(seperti: Note Book, Message in the bottle, Night in Rondhante, A Walk to remember…semuanya udah difilemin…dan keren-keren…)

Anyway…jangan lewatin cerpen gw yang terakhir ya…jarang-jarang loh, gw nulis cerpen…jangan lupa siapin tisu pas bacanya…siapa tahu air mata lo tumpah…atau mungkin justru tisu itu lo perluin buat nimpuk gw? Uppssssss….

This entry was posted on 20.19 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar