Lupakan Keira  

Diposting oleh dono_indarto



Bagi seorang penulis, mencari nama untuk karakter sinetron, cerpen atau novel adalah hal biasa. Gw sudah sering banget melakukan hal tersebut, gak terlalu sulit…cuma buka buku nama-nama bayi atau minta tolong asisten gw buat nyariin, tinggal nanti gw approve, hehehe…

Hal sepele itu sekarang berubah menjadi hal yang big deal…karena ini menyangkut nama yang akan disandang seumur hidup sama anak gw. Walhasil, akhir-akhir ini gw disibukan dengan browsing internet buat nyari nama-nama bayi. Gw kepingin anak gw punya nama bagus…yang punya arti indah…karena nama kan seperti doa…Nama seorang anak adalah pengharapan orang tua…

Selama ini gw punya pengalaman yang tidak mengenakan, menyangkut nama yang gw sandang. Bukan berarti gw malu sama nama gw…tapi gw tuh sampe bosen sama celaan orang soal nama gw yang Jawa sekali…

Waktu masih kecil, mungkin gw sewot kalo ada orang yang ngetawain gw karena nama gw kayak anggota warkop…tapi seiring waktu, gw udah gak mempan dicela kayak begitu…gw malah mikir, nama ini adalah doa dari orang tua gw…dan doa itulah yang mengantarkan gw sampai seperti sekarang. Dan gw harus berterima kasih sama mereka.

Jadi ketika misalnya, gw ada di Jco, pesen yogurt atau minuman…Mbak kasir-nya mesti bertanya berkali-kali perihal nama gw…mungkin karena dia gak yakin, ada orang sekeren gw bernama Dono…hahaha…Dan ketika akhirnya dia udah selesai melayani gw…dia cengengesan sambil bisik-bisik sama temennya…gw pun cuma ketawa dalam hati…gw sama sekali gak tersinggung…apalagi marah…lucu malah…

Gw justru merasa lucu dengan temen gw…kalo misalnya dia malu sama nama yang disandangnya, trus mesti menutupi dengan nama-nama singkatan biar terkesan keren…Sementara gw…sekarang, gw malah bangga menyandang nama gw…yang Javanese sekali…and U know what…ternyata kalo lo searching nama Dono Indarto…di FB tuh ada banyak sekali yang muncul…berarti ada banyak orang juga yang mengalami pelecehan nama seperti yang terjadi pada gw,hahaha…

Waktu kuliah S2 dulu, gw punya temen yang namanya SARUNG…beneran…lo gak salah baca…SARUNG…Lo kebayang kan, bagaimana menderitanya dia setiap diabsen panggil…pasti aja ada yang cekikikan…Tapi gw yakin kok, ortunya punya arti indah bagi nama tersebut…

Back to topic…perihal nama buat anak gw…Istri gw yang tergila-gila sama Keira Knightey (aktris Inggris cantik yang awalnya dikenal lewat Bent it like Beckham, sampai Pirates of Caribean)…lalu kepingin anak gw dikasih nama Keira…

Nama itu indah, artinya juga indah…yaitu: Wanita terhormat…Gw sih setuju-setuju aja…sampai suatu ketika, keluarga gw pada tanya…Apa kita udah nyiapin nama buat calon baby yang menurut USG dokter berkelamin cewek?…dengan sigap, istri gw langsung bilang…namanya: KEIRA (dibaca KI-YE-RA)

Mama mertua gw langsung geleng, gak setuju…trus kita langsung tanya dong, kenapa memangnya nama itu? Kok Mama gak setuju?

Mama mertua gw dengan logat melayu Pontianak yang kental, langsung menjelaskan…”Coba deh kalian pikir…kalo nanti anak itu punya guru orang Batak…trus diabsen…dia akan panggil…K-E-R-A (dengan lafal huruf E yang tegas dan tajam khas suku Batak)…K-E-R-A Mana? Mama gak rela cucu Mama dipanggil KERA…”

Semua yang mendengar itu langsung meledak tertawa…termasuk gw sama bini…

Gw-bini sambil senyum, saling pandang…bini gw langsung berbisik ke telinga gw..”Kita cari nama baru, sayang…Lupain KEIRA.”

Hahahaha….

This entry was posted on 20.12 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar