Peran  

Diposting oleh dono_indarto



Foto disamping adalah foto waktu gw ngajar...artinya, gw hrs berperan sebagai guru...cukup menyakinkan? Hmmmm...gak yakin juga sih gw...hehehe...

Dalam satu sesi mengajar Skenario…gw memperingatkan murid-murid gw untuk memperhatikan dialog yang terucap dari tiap karakter…setiap karakter memiliki peran uniknya masing-masing…yang berarti setiap dialog akan berbeda antara peran yang satu dengan peran yang lain…

Seorang murid akan beda dialog dengan seorang guru…Seorang anak akan berbeda ketika bicara dengan seorang Ayah…

Setiap ucapan…akan tergantung situasi dan kondisi…latar belakang pemikiran (educational background)…latar belakang sosial…pengalaman, dll.

Akan salah fatal, jika tidak ada perbedaan dialog dalam setiap karakter…

Setiap orang…memiliki perannya masing-masing…

Dan setiap individu…memiliki peran beragam dalam hidup…

Gw sendiri, dalam hidup sehari-hari…memiliki banyak peran dalam hidup…

Ini sebagian peran gw…

1. Sebagai Suami bagi istri gw…
2. Sebagai Ayah bagi anak gw…
3. Sebagai Anak bagi orang tua gw…
4. Sebagai Mantu bagi mertua gw…
5. Sebagai Kakak bagi Adik gw…
6. Sebagai Adik bagi Kakak gw…
7. Sebagai Guru bagi murid gw…
8. Sebagai Sahabat bagi teman-teman gw…
9. Sebagai Anak buah bagi Bos gw…
10. Sebagai penulis bagi orang-orang yang membaca dan menonton karya gw
11. Dan masih banyak lagi…

Dalam menghadapi setiap peran itu…sudah pasti kita melakukan pendekatan yang berbeda-beda…

Bicara dengan istri, pasti beda dengan cara kita bicara sama Nyokab…Bersikap terhadap Bos, pasti beda dengan cara kita bersikap terhadap sahabat…

C’es la vie…

Begitulah hidup…dimana setiap langkah, selalu ada batasannya…

Apa sajakah peran kita dalam hidup ini? Adakah terselip diantaranya…peran berbagi untuk orang lain?

Hmmm…pertanyaan itu bukan buat siapa-siapa kok? Pertanyaan itu buat diri gw sendiri…yang kadang malu sendiri…karena begitu banyak peran dalam hidup gw…tetapi masih begitu sedikit peran buat berbagi dengan orang lain…

Suatu saat nanti…gw bercita-cita akan menulis deretan peran lain seperti ini…
1. Sebagai Bapak Asuh bagi sejuta anak miskin di Indonesia…
2. Sebagai pendiri Rumah Sakit Gratis dan Sekolah Gratis bagi anak Indonesia…
3. Sebagai pencipta lapangan kerja bagi sejuta masyarakat Indonesia…

Ahhhhh…muluk banget ya?
Namanya juga cita-cita…mimpi…gak ada yang mustahil kok…
Apalagi jika bermimpi untuk sesuatu yang baik untuk orang lain…hehehe…

This entry was posted on 01.18 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar