Sempurna  

Diposting oleh dono_indarto

Pernah gak sih dalam kehidupan lo…lo merasa iri sama kehidupan orang lain? Merasa bahwa hidup orang lain tuh lebih indah daripada hidup lo…

Gw yakin, siapapun pasti pernah mengalami hal itu. Gw-pun sering merasa seperti itu…ngeliat orang lain yang lebih sukses (bisa berarti lebih kaya…lebih populer…lebih keren…lebih segalanya deh, hehehe…). Saat seperti itu, mungkin sempat terbersit di pikiran kita…ahhh, andai aja gw jadi seperti dia…pasti hidup gw  lebih indah….

Apa lo yakin, hidup lo bakalan lebih indah dengan apa yang orang lain miliki? Apa lo yakin, orang2 yang kita anggap punya segalanya itu…lebih bahagia?

Gw yakin, di dunia ini gak ada orang yang merasa hidupnya lengkap…Pasti aja ada yang dirasa kurang oleh seseorang…karena kita manusia…yang tak pernah merasa puas…yang gak pernah merasa sempurna…walaupun, konon katanya…manusia adalah mahluk paling sempurna…

Ada orang yang tajir mampus…tapi gak bahagia karena gak pernah merasa dicintai…baik oleh keluarga maupun oleh teman…

Ada orang yang ngetop gila…tapi merasa hidupnya terkukung…gak bebas…karena kemana-mana selalu dikuntit dan dimintain tanda tangan sama orang…

Ada orang yang tergila-gila sama posisi dalam pekerjaan…akhirnya dapat posisi puncak…tapi apa setelah itu dia puas? Bahagia? Gw rasa tidak…karena setelah itu dia diintai rasa takut posisinya tergeser…dalam setiap langkah jadi parno…takut lawannya tiba-tiba nusuk dari depan..belakang…kiri…kanan…

 Nah, bener kan? Mana ada orang yang merasa hidupnya sempurna?

 Sebenernya merasa terus ‘kurang’ tuh ada baiknya juga…kenapa?

  1. Dengan merasa kurang, kita jadi punya motivasi untuk mengejar sesuatu…jadi punya disiplin untuk meraih sesuatu…punya fighting spirit…
  2. Dengan merasa kurang, kita juga jadi tidak takabur…tidak sombong…Sebab kalo kita merasa udah punya segala…bisa aja kan kita jadi belagu…
  3. Dengan merasa kurang…kita jadi sadar…bahwa kita manusia…bukannya Dewa (bukan anggota Band Dewa juga,hehehe)…bahwa kita bukan Ahmad Dani…yang ngaku sebagai Mahluk Tuhan Paling Seksi…wkwkwkwkk….

Tapi, ati2 juga…merasa kurang…dan iri terhadap orang lain bisa berdampak negatif juga…

  1. Bikin minder…jadi gak percaya diri
  2. Iri sama orang, juga bisa bikin kita jadi orang jahat…kepingin ngejatuhin orang lain…
  3. Kita juga jadi manusia yang gak bersyukur sama Tuhan…

Gw sebagai manusia…pasti gak luput dari yang namanya hawa nafsu…kepingin punya banyak hal…kepingin punya kuasa…kepingin punya materi…kepingin punya pengaruh…kepingin…kepingin…banyak dehhhhh…

Sampai suatu hari gw nonton Kick Andy…gw liat betapa banyak orang yang hidupnya memiliki mimpi yang sederhana namun mulia…

Seorang Guru yang ngajar dengan tulus…naik motor sampai belasan kali jatuh, tapi terus semangat ngajar dengan ruangan kelas bobrok…dengan murid yang dekil…bahkan alat peraga pendidikan-pun harus bergantian…menunggu giliran dari sekolah di desa lain dulu…

Seorang pemuda yang punya perpustakaan sederhana…ngejual motor…TV…bahkan mau menjual ginjal demi perpustakaannya tetap berjalan…demi mencerdaskan warga di kampungnya dengan buku2…

Begitu sederhananya mereka…Apa mereka itu manusia yang kebal terhadap hawa nafsu materi…kedudukan…seperti yang dialami begitu banyak orang (termasuk gw)?

Gw jadi inget waktu kecil dulu…saat begitu banyak kesederhanaan yang jika diingat sekarang menjadi kemewahan bagi gw…

Saat Kakek gw yang jualan petasan (zaman dulu belom dilarang)…ngajak gw ke Jatinegara…trus nawarin gw beli petasan/ kembang api manapun yang gw mau…

Saat Kakek gw boncengin gw pake sepeda…nganterin gw ke Sekolah (masih SD)…Saat itu, terus terang gw sempat malu…karena anak2 lain dianterin pake mobil mewah…sementara gw pake sepeda? Duhhhhh….

Tapi sekarang gw sadar…betapa Kakek gw yang cuma penjaga sekolah itu…sayang dan cinta banget sama gw…

Dan kesederhanaannya bikin gw selalu inget…dan terharu…Bahkan gw sekarang bangga walau cuma jadi cucu penjaga sekolah…daripada jadi cucu koruptor…

Lintasan kenangan gw sama Kakek gw itu yang kadang bikin gw inget…bikin gw tetap menginjak tanah…gak selalu terbang…jangan sampai dibutakan oleh ambisi…

Karena percaya gak sih? Saat kita iri sama kehidupan orang lain…di saat yang sama, mungkin juga ada orang lain yang iri sama kehidupan kita J

This entry was posted on 04.16 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar