Ngajar  

Diposting oleh dono_indarto

Sekarang ini, banyak banget orang mau jadi penulis. Mungkin mereka pikir jadi penulis itu enak, prestis, menghasilkan uang yang lumayan, bisa ngetop, dll. Apalagi, udah banyak banget contoh penulis berhasil yang bergelimang uang juga popularitas. Contohnya: Andrea Hirata, Habiburahman El Shiraz dan sederet nama lain.


Gak ada yang salah sih. Mungkin gw dulu juga sempat termotivasi sama alasan-alasan diatas. Dengan mimpi2 indah itu...seseorang bisa termotivasi untuk mencapai mimpinya. Silahkan atuh...

Dulu, orang bingung gimana caranya jadi penulis. Buku soal penulisan masih jarang. Salah satu yang ngetop adalah karangan Arswendo: Mengarang itu gampang.

Sekarang, buku2 seperti itu jadi banyak banget.

Dan lembaga yang mengajar penulisan juga banyak banget. Mereka mengenakan tarif yang beragam. Gw sering dapat info dari milis...gw sempat baca sih berapa tarif sekolah jadi penulis itu...rata-rata 1 juta sampai 4 juta dalam 1 program. Mahal juga yak?

Beberapa tahun lampau, gw juga ikut kursus penulisan. Gw gak pungkirin, kursus itulah yang merubah hidup gw. Guru Idola gw...yang gw anggap sebagai Ibu sampai sekarang...adalah Elizabeth Lutters..

Beliau yang berjasa ngajarin gw. Dia hebat. Guru yang luar biasa. Gw sampai bela2in naik bus ke Lippo, pulang malam demi dapat ilmu diluar waktu kursus. Dan dia selalu welcome. Gw gak pernah lupa hal itu.

Sampai akhirnya dia ngeluarin buku cara menulis Skenario...dan ada nama gw tercantum di awal buku...tertulis bahwa gw adalah salah satu muridnya yang membanggakan...duhhh, terharu banget gw...inget masa2 pulang malam naik bus dari Lippo. Hutang budi gw ke Ibu gak akan bisa terbayar deh...

Dari sekian banyak kegiatan gw...salah satu yang gw suka adalah 'ngajar'. 

Sejak kuliah dulu, gw udah sering ngajar. Bahkan gw dapat uang saku dari ngajar Bahasa Inggris. Baik itu private dari rumah ke rumah...bahkan ngajar ekskul di SMP Lab School...

Gw seneng ngajar..

Dan sekarang, ada lagi tawaran ngajar nulis skenario buat gw. Gw gak perlu pikir panjang, langsung bilang..IYA.

Katanya programnya mau mulai pertengahan Juli. 

Cuma sekarang gw mikir.

Apa gw masih mikirin bayaran saat ngajar? 

Tapi gw juga gak mungkin nolak ajakan ngajar dari temen yang punya lembaga penulisan. Gak enak...kan udah kadung bilang IYA. Duhhhh, gimana ya? Kok gw merasa agak bersalah dengan berbagi ilmu...dimana muridnya harus membayar mahal...

Gw inget...Ramadhan beberapa tahun lalu...gw dibantu seorang temen...setiap minggu ngadain program belajar nulis dari Panti Asuhan ke Panti Asuhan...Gw ngajar anak2 itu nulis. Gw kepingin mereka bisa jadi penulis...biar mereka bisa menghasilkan uang...mandiri.

Gw sedih melihat anak2 di Panti itu...Gw ingin ada secercah harapan buat mereka hidup lebih baik. Gw gak kepingin...gara2 sekolah mahal...terus mereka gak bisa punya hidup lebih baik.

Mungkin, gw akan tetap ngajar di lembaga penulisan milik temen gw itu. Tapi gw kepingin juga bisa ngajar nulis gratis ke temen2 yang membutuhkan...anak-anak panti asuhan...yang bener-bener punya keinginan buat jadi penulis. 

Mudah2an gw bisa meluangkan waktu buat mereka di Ramadhan tahun ini.

Setidaknya gw kepingin berbuat sesuatu buat orang lain. Walau gw sadar...ilmu gw gak banyak. Tapi siapa tahu...dengan ilmu sedikit gw itu...bisa membuat orang hidup lebih baik. 

This entry was posted on 23.54 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

1 komentar

Mikirin bayaran ga salah kok. Asal jangan kelewat mahal aja...