Suatu Sore di Plaza Semanggi  

Diposting oleh dono_indarto

Menurut lo FACE BOOK itu lebih banyak manfaat atau mudaratnya?


Gw kok gak bisa ngelihat FB jadi racun yang menakutkan sehingga patut dilarang ya?

FB bisa menambah pertemanan...bisa menjalin silaturahmi yang terputus...bisa jadi ladang bisnis (banyak kan yg jualan di FB...itu berarti membuat roda ekonomi menggeliat...sehingga mampu menghidupi banyak orang)...bisa jadi sarana hiburan...bisa jadi sarana saling memotivasi...pokoknya banyak deh manfaatnya.

Walau mungkin juga bisa jadi sarana cela-cela'an juga...hehehe...tapi blom pernah ada yg sampai bunuh diri gara-gara dicela di FB kan? Kalo ada, bisa jadi berita besar tuh...wekekekek...

Gw sih gak mau ngebahas soal isu fatwa MUI soal FB...males lah ngebahas begituan...

Mending ngebahas soal diskusi gw sama temen lama gw (bisa ngaku temen lama gak ya?...soalnya dulu pas di SMA gw gak pernah main sama nih anak...secara gw gak gaul gitu,hehehe....nah, itu dia hebatnya FB..gw bisa ngaku-ngaku temenan dan sok akrab sama seseorang....hahaha...)

Gw kan lagi ngebet mau bisnis nih...tapi blom tahu mau mulainya gimana? Nah, gw akhirnya terhubunglah sama temen gw ini...

Gw baca blognya dia, sehingga gw tahu bagaimana dia udah berhasil jadi pengusaha.

Suatu kali, gw ngeliat dia On line di FB...gw sapalah dia...sampai akhirnya kita chat di FB. Gw minta waktu dia buat ketemuan dan diskusi. Gw ngerasa butuh orang yang bisa menginspirasi dan memotivasi gw. Kebetulan temen gw udah berhasil. Siapa tahu mau berbagi. 

Dan ternyata dia memang mau berbagi. Bukan cuma itu...bahkan setelah gagal ketemuan pertama..dia masih sempet SMS gw buat ngasih tahu saat dia punya waktu ketemu di resto-nya di Plaza Semanggi. Gokil...gw yg butuh dia..tapi dia yg justru ngingetin gw...Hebat-lah teman gw yang satu ini...Baekkk abizzzz...

Pas ketemuan, dia langsung cerita perjalanan dia ngejalanin bisnis. Dulu dia kerja di Penerbitan besar. Dia baca Rich Dad Poor Dad dan memutuskan untuk pindah kuadran. Dia gak mau selamanya jadi pegawai. Dia kepingin punya pegawai dan jadi orang yang menggaji pegawai.

Dia mulai dari bisnis kecil. Lalu memberanikan diri cari pinjaman ke bank. Dia bilang ke gw, "Kalo lo takut mulai bisnis karena lo merasa memulai dari nol...gw justru mulai dari minus...gw mulai dari hutang 150 juta ke bank."

Gw manggut-manggut sok paham.

Temen gw nerapin pola Secret. Dia ngebayangin resto yang dibukanya penuh. Tapi awal-awal, sepi banget. Tapi dia terus memupuk mimpi. Lambat-laun mimpi itu jadi nyata.

Gw tahu, perjalanan dia gak gampang. Gak ada jalan gampang menuju kesuksesan.

Dia ceritain, gimana dia memakai otak kanan. Mencoba kreatif untuk mencari solusi dari masalah yang muncul.

Gw terpukau melihat gaya dia yang meluap-luap, mengungkap pengalamannya. Dia sedang mengeluarkan energi positif...menyalurkannya ke gw...sehingga gw termotivasi untuk bertindak.

Dia mengajarkan 'paham' yang diyakininya membuat maju dalam usaha. 

"Don, elo percaya sama energi positif?"

"Apa'an tuh?" tanya gw sok polos.

"Gini loh, Don. Energi positif adalah jika elo melakukan kebaikan ke orang-orang disekitar lo. Maka elo akan menabung energi positif. Sebaliknya, jika elo berbuat jahat ke orang...itu berarti elo mengeluarkan energi negatif."

Gw masih memperhatikan setiap ucapan dia. Mencoba mencerna setiap hal yang coba dia share ke gw.

"Kalo lo ngasih energi positif...suatu saat elo akan mendapatkan balasan yang setimpal. Sesuatu yang baik..hadiah dalam kehidupan lo. Dan sebaliknya, jika elo ngasih energi negatif...itu juga akan berbalik ke elo."

"Seperti Karma?" tanya gw.

Dia menggeleng. "Kalo karma...lo akan dapat balasan yang sama dengan perbuatan lo. Ini beda...Lo akan mendapatkan sesuatu yang membantu lo. Apapun bentuknya. Dan kalo lo berharap saat itu juga lo akan mendapat pertolongan..trus lo gak dapat. Jangan kecewa. Karena energi positif lo ibarat tabungan. Suatu kali dia akan liquid...cair....Begitupula kalo lo berbuat jahat...gak sekonyong-konyong lo akan dapat balasan. Bisa besok...tahun depan..atau 10 tahun kemudian...dan lo gak tahu apa balasannya. Bisa kesialan karena kehilangan...penyakit...atau mungkin bangkrut. Ini mekanisme-nya Don."

Gw manggut. Kali ini beneran paham.

"Jadi jangan pernah takut memberi Don, " ucap dia lagi.

Gw jadi paham, kenapa dia begitu antusias dan berapi-api membagi ilmunya. Karena dalam setiap kebaikan yang dia buat, dia sedang menabung kemudahan dalam hidupnya. Dasyatttttt!!!

Dia kasih contoh hal lain.

"Don, gw pernah ikut satu permainan di dalam seminar. Disitu ada 200 orang. Setiap orang dikasih stoples berisi 5 permen. Dan setiap orang diminta memberikan sebanyak mungkin permen ke orang disekitarnya, sampai waktu tertentu. Sampai pada akhir permainan, semua orang melihat stoplesnya. Apakah stoples itu lantas kosong karena kita memberi? Tentu tidak. Dalam setiap stoples itu ada masih ada permennya. Itu pertanda bahwa memberi tidak akan membuat lo bangkrut atau sengsara...memberi malah membuat lo berkecukupan."

Gw semakin kagum sama pengalaman yang coba dia share ke gw. 

Sampai pada akhirnya gw harus cabut. Gw sempet SMS ke dia. 

"Kenapa ya..gw gak maen sama lo waktu SMA dulu? Kalo gw udah bergaul sama lo dari dulu...mungkin gw udah sekaya lo?"

Dia cuma jawab, "bisa aja lo Don."

Selepas dari sana, gw semakin terpacu untuk memulai sesuatu. Gw inget perkataan dia, " Lo tau...pengusaha sukses justru pengusaha yang gak punya bekal pendidikan. Bill Gates itu DO. Steve Jobs juga. Orang kalo kepinteran malah takut gagal. Orang DO...malah cuek. Gak takut apa-apa."

Dia ngacungin teh botol ke muka gw. Gw pikir...mau dia lempar ke muka gw karena kesel...gw nyita waktu dia...hehehe...

"Kalo lo mau pake logika...Nih teh botol kagak bakal pernah ada di pasaran. Karena menurut riset, orang Indonesia sukanya minum teh hanget...trus di cangkir...bukan di botol. Tapi PAK SOSRO cuek..terbukti teh botol sukses luar biasa. AQUA juga begitu. Orang waras pasti gak pernah mikir jualan air putih lebih mahal daripada bensin."

Geblek! Ternyata orang butuh jadi gila baru bisa berhasil. Harus OUT OF BOX.

Sore itu gw dapat banyak pelajaran berharga dari temen gw. 

Semoga ini juga bisa menjadi pelajaran buat siapapun yang baca tulisan ngawur gw ini.

Mkasih buat Imam Wijayanto yang udah ngeluangin waktu buat ngobrol sama gw.

Abis ini, mudah2an dia gak kapok nerima gw diskusi.

Ada beberapa orang yang selalu bisa bikin gw ngerasa charging energi kalo ngobrol...yaitu: Mas Dana Riza (Abangnya Mas Riri Riza), Iqbal Rais (sang sutradara Tarix Jabrix Mangggg...hehehe)...dan sekarang tambah satu lagi...IMAM WIJAYANTO..dia yang punya bakso malang CAKMAN di Plaza Semanggi lt. 3 nih...dasyat nih resto...selama gw disana, pembelinya kagak abis-abis...penasaran? Jajal dong....biar tambah tajir tuh temen gw :)

Sementara temen yang lain..berada dalam porsi masing-masing...Ada yang temen curhat kerjaan...curhat asmara...curhat masalah keluarga...curhat lain-lain (yang abstrak..saking abstrak-nya sampai susah dijabarkan,hehehe...)

Satu temen lagi..ya FACE BOOK..tempat banyak orang curhat suasana hatinya...termasuk gw.

Mudah2an FB gak dilarang...sebab kalo dilarang...gw pasti akan backstreet lah yauuuuu....

I'm happy to have so many friends...hope I could share happiness...to make a world brighter...(bener gak ya bhs inggris gw?..bodo ah...udah lulus lama dari LIA sihhhhhhh...udah lupa pelajarannya....hahaha....)







This entry was posted on 01.15 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

1 komentar

Inspiratif banget mas don... keren dan bermanfaat... hmmm... moga2 bisa jadi pengusaha sukses yang mulai dari minus, tapi bisa menghasilkan sesuatu yang plus... amiiin...